Rangkuman Sederhana Forum Konferensi Masjid Indonesia (KMI) 2018

1⃣ Peradaban Masjid sebagai simbol Islam harus bisa mengalahkan peradaban Pasar sebagai simbol kapitalisme. Sebagaimana para wali songo memulai dakwah dengan masjid, lalu membangun pusat pemerintahan atau sekarang biasa disebut dengan pendopo kabupaten, kemudian alun-alun dan pasar. Pasar dibangun belakangan setelah masjid dan pemerintahan berdiri kokoh.

Selain itu Masjid juga harus mampu melahirkan pemimpin2 besar sebagaimana Rasulullah melahirkan Pemimpin2 esar berawal dari pendidikan masjid yang berada di madinah. Seperti AbuBakar, Umar, Usman dan Ali.

2⃣ Salah satu masjid yang saat ini berjuang meng-ATM konsep masjid Jogokaryan adalah *Masjid Nurul Tijarah Mubarokan*
 Berlokasi di Pasar Segar Kota Balikpapan
 Jenis Masjid : Institusi, milik Yayasan
 Program Harian, 3 M:
 *Mustahil Lapar* : Memberikan Makan SETIAP HARI kepada Jamaah setelah Shalat Dzuhur dan Maghrib. Jamaah tetap dibuatkan Kartu Mustahil Lapar.
 *Mustahil Mogok* : Diberikan kepada Jamaah Khususnya jamaah yang berprofesi sebagai Ojek Online. Setiap Shalat berjamaah diberikan 1 sampai dengan 2 liter BBM. Jamaah ini juga diberikan Kartu Khusus Mustahil Mogok.
 *Mustahil Offline*: Diberikan kepada Jamaah generasi milenial. Setiap selesai shalat Jamaah mereka mendapatkan jatah Kuota Internet. Kuota ditransfer, tidak diberikan berupa uang.

 Griya Al Quran Untuk memperbaiki bacaan al Quran Jamaah. (Termasuk program harian)
 Program Mingguan
Shalat Jumat
Kajian Tafsir Al Quran
Kajian Fikih
 Program Tambahan
 *Nikah Mubarokah* : Masjid Menanggung Biaya Pernikahan Jamaah (SK berlaku), mulai dari prosesi Akad Nikah hingga Walimatul Ursy dengan acara yang layak. Baik Makanan hingga dekorasi Pelaminan.
Kajian Bersama Asatidz Dari Luar Balikpapan
Kerjasama dengan Komunitas Muslim

3⃣ Akuntansi Masjid menjadi bagian penting masjid agar mendapatkan Trust dari Masyarakat, yakni dengan semangat TRANSPRANSI dalam pelaporan. Implementasi TRANSPARANSI tersebut secara sederhana terdiri dari 4 Tahap :
a. Verifikasi Transaksi Bukti Asli
b. Membuat Jurnal Umum
c. Posting ke Buku Besar
d. Membuat Laporan Keuangan dengan format:
-> Lampiran Aktifitas
-> Neraca
-> Laporan Arus

4⃣ Sembilan (9) Tahap Memakmurkan Masjid, yang pernah disharekan sebelumnya saat broadcast kegiatan KMI. (Tulisan Kang Rendy Saputra)

5⃣ Sesi akhir Oleh Ustadz Lukmanul Hakim (Penasehat JMTC)

 Dalam menjalankan tugas sebagai pengurus masjid, takmir harus berpedoman seperti yang Nabi Ibrahim lakukan ketika membangun Ka’bah sebagai cikal bakal Masjid al Haram (al Baqarah; 127) -> Membangun Masjid Benar-Benar mengharap Ridho Allah dan mendirikannya ussisa alat taqwa. Didirikan tanpa ada kepentingan apapun kecuali karena Allah saja atau bisa disingkat dengan CAS (Cuma Allah Saja)

 Masjid seharusnya mendapatakan waktu prioritas takmir untuk dimakmurkan, bukan mendapatkan waktu SISA. Sisa Kerja atau sisa saat masa pensiun. Mesti ada mekanisme agar yang ngurusi masjid bisa full time.

 Masjid harus memberikan Keberkahan/Kemanafaatan bagi sekitarnya (al Isra: 01). Barakna haulahu (memberkahi apa yang disekitarnya) dengan program-program sosial dan pemberdayaan kepada Jamaah.

 Untuk mengoptimalkan kemanfaatan masjid hingga menjadi masjid yang BERDAYA (langkah ke-8 dari tulisan kang Rendy), salah satunya Masjid harus bisa memanfaatkan potensi wakaf. Masjid bisa mengembangkan Wakaf secara produktif. Karena tidak pernah ada peradaban yang berkembang kecuali melalui Wakaf.
Contoh real adalah Masjid dan Universitas Al Azhar Mesir, yang saat ini sudah berumur lebih dari 1000 tahun. Menampung ribuan mahasiswa dari 115 negara yang mendaptakan pendidikan GRATIS melalui Wakaf.

 *Masjid Munzalan Mubarakan* Pontianak Timur Kalimantan Barat adalah salah satu masjid yang telah memanfaatkan WAKAF dengan baik. Yang saat ini telah memiliki beberapa lembaga dan Baitul Mal serta telah berdiri masjid Munzalan Mubarokan yang *kedua.* (Masjid ini juga dikenal dengan sebutan Masjid Miniatur kapal Nabi Nuh)

Direktur Sahabat Masjid Indonesia
Sumber : http://bit.ly/2rUK1Yq

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *