Pejuang Shubuh, Pejuang Kebahagiaan!

Pejuang, apa yang terlintas dari benak teman-teman saat mendengar kata Pejuang? Ya, mungkin orang-orang yang memakai senjata lengkap dengan penampilan yang gagah, saat berjalan menampakkan keberanian yang luar biasa untuk menaklukkan musuh? (Kalau itu pejuang dalam medan pertempuran kak…hehe)

Atau seorang laki-laki yang dengan gagah berani, berpenampilan rapi penuh wibawa menghadap seorang ayah untuk meminta putrinya? (kalau itu mah pejuang cinta namanya kak… haha), lantas apa makna dari seorang pejuang yang sesungguhnya?

Dalam kamus besar bahasa indonesia, pejuang berarti orang yang berjuang. Maksudnya, seseorang yang terus berjuang, berusaha sekuat tenaga untuk meraih apa yang menjadi tujuannya dengan ikhtiar yang keras disertai doa.

Orang yang berjuang mempertahankan negaranya akan membela dengan sekuat tenaga bahkan sampai mengorbankan nyawa demi negara tercinta. Seperti yang dilakukan para pahlawan kita terdahulu, tentunya sudah tak asing lagi kisah perjuangan mereka ditelinga kita.

Berbicara tentang pejuang, saya jadi ingat program terbaru Sahabat Masjid Indonesia dan sangat menarik untuk dikupas. Program ini bernama Pejuang Shubuh Kids (PSKids). Pejuang Shubuh Kids merupakan ajang anak-anak usia 7 sampai 13 tahun untuk terus istiqomah dan semangat sholat shubuh berjama’ah di masjid selama 40 hari berturut-turut.

Program ini sangat bagus sekali untuk melatih anak-anak agar terbiasa bangun pagi, yang ditambah dengan pembiasaan kepada anak sejak dini untuk sholat shubuh berjama’ah di masjid. Harapannya agar kelak saat sudah dewasa, mereka akan terbiasa sholat berjama’ah di masjid & meramaikan kegiatan masjid, bukan lagi mencari tempat tongkrongan di warkop atau cafe.

Anak-anak yang siap dan komitmen untuk mengikuti kegiatan Pejuang Shubuh Kids akan di data oleh panitia, dan di berikan stiker yang menandakan bahwa mereka sudah mengikuti kegiatan pada hari tersebut hingga hari ke-40. Selanjutnya untuk pengabsenan harian menggunakan barcode untuk memudahkan panitia dalam mendata siapa saja yang aktif mengikuti kegiatan selama 40 hari berturut-turut.

Disamping kegiatan berjamaah sholat subuh, peserta juga diajak untuk mendengarkan kisah-kisah Nabi bersama Kak Rika. Hal ini yang membuat anak semakin antusias untuk mengikutinya, karena Kak Rika membawakan kisahnya dengan sangat bagus dan menarik. Usai mendengarkan kisah Nabi, disediakan sarapan untuk para peserta agar lebih fit dalam menjalani kegiatan pada hari tersebut.

Yang namanya anak-anak pada umumnya, mereka akan bangun maksimal pukul 06.00 atau 07.00 untuk persiapan berangkat sekolah, jarang sekali diantara mereka yang bangun shubuh untuk melaksanakan sholat shubuh ditambah lagi berjama’ah di masjid/musholla.

Dengan hadirnya program ini, bisa memotivasi anak untuk senantiasa bangun pagi & sholat shubuh berjama’ah, karena apa? Mereka sholat shubuhnya beramai-ramai bersama teman-teman sebayanya dan menariknya sebagai hadiah bagi mereka yang berhasil sholat shubuh berjama’ah di masjid selama 40 hari berturut-turut tanpa izin, akan mendapatkan Sepeda yang keren, tas sekolah yang cantik dan keren serta berbagai peralatan sekolah lainnya.

Untuk itulah mereka harus berjuang sekuat tenaga melawan rasa kantuknya, melawan kemalasan yang menghinggap dalam tubuhnya agar bisa melangkahkan kaki untuk sholat shubuh berjama’ah di masjid.

Tentunya, dibalik keberhasilan mereka untuk terus konsisten sholat shubuh berjama’ah di masjid, ada sosok yang tangguh dan luar biasa untuk mendukung & memotivasi anak agar terus konsisten sholat shubuh di masjid, dan orang luar biasa itu tak lain ialah peran Ayah & Ibu mereka.

Semoga dengan hadirnya program Pejuang Shubuh Kids ini meningkakan semangat kita untuk istiqomah sholat shubuh berjama’ah di masjid, untuk membiasakan anak-anak kita untuk bangun pagi & sholat shubuh berjama’ah, dan semoga masjid-masjid yang ada di sekitar kita menjadi lebih ramai jama’ahnya mulai dari kalangan anak-anak, remaja, dewasa hingga usia tua.

Dan semoga dengan ikhtiar kita untuk memakmurkan masjid, kelak Allah akan membalas kita dengan sebaik-baik balasan di akhirat, yakni bisa berjumpa dan berkumpul dengan Baginda Nabi Muhammad SAW dan para pemakmur masjid lainnya. Aamiin Allahumma Aamiin.

Alhmadulillah saat ini Program 40 hari menjadi Pejuang Shubuh Kids (40 PSkids) sudah berjalan sampai angkatan ke 3 dan sedang dilaksanakan di Masjid Baitul Rahmad Bumi Wonorejoasri (https://goo.gl/maps/UijECcwqCp4bvgS1A). Lihat dokumentasi lengkapnya di

IG : https://bit.ly/2HSGe5Y
FB : https://bit.ly/2T7kUik
FP : https://bit.ly/2PkbkY8

Pemuda Sahabat Masjid

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *