Masjid-Masjid yang Pertamakali di Bangun

 

Masjid telah banyak berdiri megah di seluruh dunia. Dari mulai yang bentuk sederhana hingga bentuk yang mewah dengan berbagai fasilitasnya. Dari mulai yang hanya bisa menampung beberapa shaf hingga yang mampu menampung puluhan ribu jamaah.

Dari mulai yang berada di perkotaan, sampai di kampung-kampung kecil banyak masjid yang sudah dibangun dan berdirinya dengan kokohnya.

Hal ini tentu tidak lepas dari perjuangan Para Pendakwah Islam yang telah mensyiarkan Agama Rahmah ini ke seluruh penjuru Dunia, sehingga salah satu simbol agama Islam berupa Masjid, dapat tersebar di seluruh belahan Bumi.

Berbicara tentang Masjid, Sahabat tahu tidak, Masjid yang paling tua atau yang pertama kali dibangun di bumi ini???

Nah tulisan ini akan sedikit mengulas tentang Masjid-Masjid tertua yang pernah dibangun di Bumi ini :

  1. Ka’bah Baitullah

Ka’bah Baitullah adalah Masjid yang pertama dibangun di Bumi. Sebagaimana Firman Allah Al-Quran surah Ali Imron : 96

 Sesungguhnya Rumah yang mula-mula dibangun di muka bumi ini adalah Rumah Allah (Baitullah) yang di Bakkah (Mekkah) yang diberkahi dan menjadi petunjuk bagi Umat Manusia.

Menurut Imam Mujahid dalam Tafsir Al-Jami’ li Ahkamil Quran, bahwa Baitullah ini dibangun oleh Allah 2000 tahun sebelum Allah menciptakan segala sesuatu di muka bumi.

Pada Masa Nabi Nuh As, Ka’bah di angkat di sisi Allah agar terhindar dari Adzab yang yang diturunkan kepada Umat Nabi Nuh, kemudian pada Masa Nabi Ibrahim Ka’bah dibangun kembali tepat di atas asasnya oleh beliau dan berdiri kokoh hingga saat ini.

  1. Masjid Al Aqsha

Masjid kedua yang dibangun di planet bumi ini adalah Masjid al Aqsha. Masjid ini terletak di Palestina, bumi para Nabi dan Rasul sejak masa Nabi Ibrahim As. Ada sebuah hadis yang menjadi dasar peryataan ini:

Dari Abu Dzar Al Ghifari : Saya bertanya kepada Rasulullah Saw. Tentang masjid yang paling awal di bangun di bumi ini. Rasulullah menjawab: “Masjid al Haram”. Saya bertanya kembali : “Kemudian masjid mana?” Beliau menjawab: “Masjid al Aqsha” Saya bertanya lagi: “Berapa jarak antara  keduanya?” Beliau menjawab: “40 tahun” (HR. Imam Muslim)

Masjid ini bisa dikatakan menjadi Masjid para Nabi dan Rasul sebelumnya. Sehingga saat Rasulullah Isra’ mi’raj pun dimampirkan oleh Allah ke Masjid Al Aqsha.

Sepeninggal Rasulullah, tepatanya pada masa Umar ibn Khattab menjadi Khalifah, seorang pendeta tertinggi kaum Nasrani dengan sukarela memberikan kunci Baitul Maqdis kepada Umat Islam dan meminta Khalifah langsung yang menerimanya.

Sejak saat itulah, masjid Al Aqsha resmi menjadi milik umat Islam.

  1. Masjid Quba

Masjid inilah yang dikenal dalam sejarah sebagai Masjid yang pertamakali dibangun oleh Rasulullah SAW. Masjid Quba didirikan oleh Rasul saat istirahat di kota Quba ketika perjalanan Hijrah menuju Madinah.

Masjid ini dalam al-Quran disebutkan Masjid yang pertama didiran atas dasar Taqwa sebagaimana tersebut dalam QS. At Taubah : 108

“Sesungguhnya Masjid yang didirikan atas dasar taqwa, sejak hari pertama adalah lebih patut kamu shalat di dalamnya. Di Dalam masjid itu ada orang-orang yang ingin mensucikan diri (dari dosa). Dan Allah sangat menyukai orang-orang yang suci.”

Masjid Quba Saat ini

  1. Masjid Nabawi di Madinah

Ketika tiba di Madinah, Rasulullah langsung mendirikan Masjid sebagai proyek pertama Dakwahnya.

Awalnya masjid ini hanya berukuran 50 x 50 m, dengan tinggi atap  sekitar 3,5 meter yang dibangun oelh tangan Rasulullah sendiri dan para sahabat. Atapnya terbuat dari daun-daun kurma, tiang peyangganya diambilkan dari batang pohon kurma dan empat sisi dindingnya terbuata dari batu bata dan tanah.

Miniatur Masjid Nabawi Tempo dulu

Sejak didirikan hingga masa permerintahan khalifah Umar ibn Khattab, Masjid Nabawi tidak ada perubahan. Untuk pertamakalinya pada tahun 17 H Masjid Nabawi direnovasi oleh Khalifah Umar ibn Khattab. Renovasi kedua kemudian dilakukan oleh Khalafah Usman ibn Affan pada tahun 29 H.

Sejak itulah, masjid nabawi mengalamai renovasi dan perluasan dari masa ke masa sampai sekarang. Sehingga Masjid Nabawi saat ini mampu menampung sekitar 535 ribu jamaah. Sebagain pendapat mengatakan bahwa Masjid Nabawi saat ini adalah sama luasnya dengan luas Kota Madinah  pada masa Rasulullah dulu.

Banyak hadist yang menjelaskan tentang  keutamaan Masjid Nabawi, diantaranya seperti yang diriwayatkan oleh Imam Ahmad:

Rasulullah SAW bersabda, “Satu kali shalat di masjidku ini, lebih besar pahalanya dari seribu kali shalat di masjid yang lain, kecuali di masjidl Haram. Dan Satu kali Shalat di Masjidil Haram lebih utama dari seratus ribu kali dari pada shalat di masjid yang lain. (HR. Ahmad denagan Sanad Sahih)

Masjid Nabawi Madinah sekarang

  1. Masjid Abu Bakar

Sebagaimana kita ketahui, masjid yang pertama kali dibanguan pada masa Risalah Islam adalah Masjid Quba di Quba. Namun ternyata, ada masjid yang didirikan sebelumnya yakni Masjid Abu Bakar. Masjid ini dibangun oleh Abu Bakar As Shiddiq di depan rumahnya, jauh sebelum Rasulullah hijrah ke Madinah. Artinya Masjid ini berdiri jauh sebelum Masjid Quba ataupun Masjid Nabawi dibangun.

Abu Bakar sehari-sehari untuk membaca Al Quran dan melaksanakan shalat di dalamnya.

Kalau zaman sekarang, mungkin ini mirip dengan surau atau langgar-langgar yang umum ada di sekitar rumah masyarakat pedesaan.

  1. Masjid Amar ibn Yasir

Sama juga yang dilakukan oleh Abu Bakar, Amar ibn Yasir juga membangun Masjid kecil untuk digunakan beribadah secara pribadi di dalamnya. Hanya saja perbedaannya adalah Masjid ini didirikan di Madinah yaitu setelah ia berhijrah ke Madinah sebelum kedatangan Rasulullah SAW. Sebagaimana maklum, bahwa antara sahabat dan Rasulullah ada jeda waktu waktu kedatangan mereka di Madinah.

Dua Masjid terakhir, sebagian besar sejarawan tidak memasukkannya dalam kategori Masjid-Masjid yang awal berdiri, barangkali karena sifatnya yang privat, yakni dibangun di tanah sendiri dan digunakan secara pribadi.

Dari ENAM masjid di atas, masjid mana yang sudah sudah pernah Sahabat kunjungi ???

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *